jam

Minggu, 06 November 2011

penyebab konflik papua

2 Penyebab Konflik Papua Versi Menteri Pertahanan
Headline
Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro - inilah.com/dok
Oleh: Singgih Soares
Nasional - Kamis, 3 November 2011 | 16:32 WIB
INILAH.COM, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro menyatakan ada dua hal yang menyebabkan terjadinya konflik di PT Freeport Indonesia, Timika, Papua selama ini.

Kata Purnomo, kedua masalah tersebut yakni, masalah mogok kerja dan penambangan liar (illegal mining). Pemogokkan kerja yang dilakukan sebagian karyawan PT Freeport, menurutnya menjadi penyebab konflik walaupun itu masalah perusahaan.

"Itu masalah antara manajemen dengan karyawan. Jadi tuntutan dan apa yang telah diinginkan Freeport itu perbedaannya cukup jauh," terangnya saat membuka rapat terbuka di Kementerian Pertahanan, Kamis (3/11/11).

Sedangkan terkait dengan penambangan liar hal tersebut biasanya terjadi di mil 34 sampai 39. "Makanya tidak heran kalau ada aksi penembakan dan aksi kekerasan terjadi di mil 34 dan 39. Karena memang di situ banyak terjadi operasi illegal mining," kata dia.

"Dan dilakukan karena memang sistem pengolahan yang dilakukan PT Freeport pada saat ini masih menyisakan banyak residu (sisa hasil pengolahan) yang bisa diambil oleh masyarakat. Keuntungannya sangat besar," tambahnya.

Purnomo mengatakan telah memperoleh informasi bahwa pemerintah daerah setempat sudah melakukan penanganan-penanganan intensif agar masalah tersebut tidak berlarut lama. "Mudah-mudahan bisa menyelesaikan masalah ini." [mvi]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pnya gw

My Blog List

Pengikut

link teman

LINK TEMAN

link yessi

Search